Cari Cara Membuat Favicon

Mencari-cari sesuatu di Mbah Google memang menyenangkan, soalnya Mbah Google itu banyak sekali ilmunya, hehe ... . Ketika saya teringat gambar / logo / apalah di Blogger, saya ingin sekali bisa mengganti gambar ini 
dengan gambar pilihan saya sendiri, tapi sayang saya tidak tau apa namanya gambar yang seperti itu.
Akhirnya setelah melalui proses yang panjang yang cukup lama "cari²",hehe... ternyata ketemu juga dengan apa yang saya maksudkan, gambar yang seperti itu namanya adalah Favicon.
Coba Anda lihat favicon diatas, dan samakan dengan gambar ini


Jadi, favicon adalah  gambar/logo/icon yang terletak pada addres bar dari suatu web browser / blog, suatu web / blog biasanya memiliki favicon sendiri-sendiri.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi ilmu dengan para sahabat netter yang ingin mengganti favicon kesukaan Anda sendiri. Syartanya adalah Anda harus sudah mempunyai gambar yang ingin Anda jadikan favicon, setelah itu ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Buka situs ini www.genfavicon.com

    - Kemudian Upload Image yang sudah Anda persiapkan,

    - Kemudian atur gambar,

    - Kemudian pilih ukuran 16x16 Capture & Preview,

    - Kemudian klik Download: jpg, dan simpanlah gambar Anda.

    - Kemudian gambar Anda harus tersimpan di tempat penyimpanan online, seperti Google Sites
Ini adalah contoh alamat URL gambar :

         "http://sites.google.com/site/fatchanes/f/F.png?"

2. Selanjutnya buka Blogger Anda

    - Pilih Rancangan

    - Pilih Edit HTML

    - Anda cari tulisan </head>

    - Kemudian letakkan URL baru Anda diatas </head>


<link href='http://sites.google.com/site/fatchanes/f/F.png?' rel='shotcut icon'/>


    - Ganti tulisan yang berwarna hijau dengan Url gambar Anda

    - Kemudian Simpan Template.

Selamat mencoba.
Silahkan dipraktekkan, monggo ... ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar